Buat kamu yang suka pulang pergi Jakarta-Bandung pasti sudah tidak heran dengan kemacetan di sepanjang tol ini. Mulai dari tol Cikampek, tol Cipularang, sampai masuk tol Pasteur selalu saja macet. Perjalanan Jakarta-Bandung memang salah satu perjalanan yang paling tidak bisa ditebak kemacetannya. Pada umumnya perjalanan Jakarta-Bandung bisa ditempuh dalam waktu 3-4 jam, tetapi kalau sudah macet, kamu bisa sampai menginap di jalan.

Pasti sudah pernah lihat di televisi kan betapa macetnya jalan tol ini? Biasanya berita akan memberitahukan antrian kemacetan yang panjangannya bisa sampai 30 kilometer. Kebayang kan panjangnya itu?

Belum lagi kalau sudah liburan panjang di akhir pekan, sebaiknya kamu tidak usah main ke Bandung deh karena kemacetannya bisa membuat kamu kehilangan mood liburan. Kalau menurut kamu apa sih sebenarnya penyebab kemacetan Jakarta-Bandung bisa separah ini?

Kalau menurut Sikomo 3 alasan di bawah ini bisa jadi penyebab utama kemacetan Jakarta-Bandung.

 

1. Bandung punya banyak tempat rekreasi keren

Salah satu pengunjung utama kota Bandung adalah masyarakat Jakarta yang dengan mudah dilihat dari plat mobil B. Masyarakat Jakarta sepertinya lebih suka main ke Bandung karena tempat wisata di Bandung yang keren dan alami. Tipe tempat wisata di Bandung memang berbeda jauh dengan Jakarta yang didominasi oleh mall. Pasti bosen kan kalo setiap minggu mainnya ke mall terus untuk belanja?

Tempat Wisata di Bandung memang sangat erat dengan alam karena lokasinya yang ada di pegunungan dan udaranya yang dingin. Kedua hal ini yang menjadi pemikat utama wisatawan untuk datang ke Bandung. Beberapa tempat wisata di Bandung, seperti Taman Hutan Raya Juanda, Dusun Bambu, Stone Garden, dan Kampung Cai Ranca Upas merupakan tujuan wisata yang sulit didapatkan di Jakarta.

Selain itu, tempat-tempat wisata ini juga terkenal instragramable, sehingga sangat cocok sebagai tujuan wisata anak-anak muda yang mau eksis di media sosial. Jadi gak heran kan berapa banyak masyarakat Jakarta yang pergi ke Bandung lewat tol untuk berkunjung ke tempat wisata ini.

 

2. Sering terjadi perbaikan jalan

Pernah dengar berita tentang Jembatan Cisomang yang miring? Jembatan Cisomang merupakan salah satu jembatan yang akan kamu lewati ketika dalam perjalanan dari Jakarta ke Bandung. Jembatan ini beberapa waktu lalu dilarang untuk dilalui kendaraan besar, hanya mobil pribadi atau mobil berukuran sedang yg bisa lewat sehingga bus, truk, dan kendaraan berat lainnya harus keluar tol.

Tol Cikampek di wilayah Bekasi juga sedang mengalami perbaikan adan proses pengerjaan LRT. Proses perbaikan ini membuat antrian panjang sebelum masuk tol Cikarang utama. Selain itu, di sepanjang tol juga terdapat beberap perombakan jalan yang menyebabkan jalan tol berkurang 1-2 ruas dan pengendara harus mengurangi kecepatan supaya tidak masuk ke bagian jalan yang sedang diperbaiki. Jalannya saja sudah padat, apalagi kalau sedang diperbaiki.

 

3. Terlalu banyak kendaraan pribadi

Kalau berikutnya kamu lewat tol Jakarta-Bandung, coba perhatikan mobil apa yang paling banyak di jalanan? Lalu perhatikan juga berapa banyak penumpang di dalamnya! Nah, sekarang kamu tau kan apa penyebab kemacetan tol Jakarta-Bandung?

Perjalanan Jakarta-Bandung memang didominasi oleh kendaraan pribadi, kebanyakan penumpang di dalam mobil hanya berisi 2-3 orang, padahal bisa mengangkut lebih dari itu. Hal ini tentu tidak efektif karena membuat jalan penuh oleh mobil pribadi yang sebenarnya bisa dikurangi sampai setengah jumlahnya. Jika pengguna mobil pribadi beralih menggunakan transportasi publik, seperti travel, bus, atau kereta, tentu akan menghemat biaya bensin dan waktu yang terbuang akibat kemacetan. Pengurangan jumlah mobil pribadi tentu membuat jalan tol menjadi lebih lega dan kepadatan pun berkurang.

Sebagai masyarakat Indonesia yang cerdas, permasalahan kemacetan juga merupakan tanggung jawab kita bersama. Jika kamu sering pulang pergi Jakarta-Bandung, mari manfaatkan sarana transportasi publik yang ada, seperti travel, bus, dan juga kereta. Saat ini sudah tersedia berbagai cara pemesanan online yang dapat memudahkan kamu dalam reservasi tiket perjalanan melalui aplikasi. Jadi tidak ada alasan lagi ya untuk tidak naik transportasi publik. #ayonaiktransportasipublik

Download aplikasi Sikomo di link ini untuk melakukan pemesanan travel Jakarta-Bandung. Nikmati kemudahan menemukan travel di dekat kamu, mengecek jadwal keberangkatan, serta melihat ketersediaan kursi lewat aplikasi Sikomo.

https://sikomo.id

July 27, 2017

Leave a Reply